Komunikasi Berdasarkan Sistem Representasional - Kinestetik

Posted on 15.08 by
Oleh Ponijan Liaw

Setelah mengetahui bahwa berdasarkan Rep System (Sistem Representasional), ada tiga kecendrungan orang dalam menangkap sebuah informasi dan berkomunikasi dengannya, yakni: visual (penglihatan), auditory (pendengaran), kinestetik (perasaan/perabaan), pada edisi ini kita akan membahas tipe terakhir, yaitu: Kinestetik setelah di edisi sebelumnya kita telah membahas tentang tipe Visual dan Auditory.

Karakter Orang Perasa (Kinesthetic)

Orang dengan tipe gerak atau kinestetik berarti orang yang lebih mengutamakan gerakan, perasaan dan hal-hal yang menyangkut emosi. Orang ini akan sering menggunakan kata-kata seperti: “Aku rasa”, “Aku tersentuh”, “Aku bisa merasakan”, dan sejenisnya. Terkadang orang ini dapat sambil memejamkan mata saat merasakan kata-kata kita karena ingin meresapi setiap kata yang diucapkan. Orang ini sangat emosional dan sensitif. Mereka sangat mengamati setiap gerak-gerik yang ditimbulkan atau dilakukan oleh orang lain.

Gaya Komunikasi dengan Orang Perasa (Kinesthetic)

Orang kinestetik harus didekati dengan cara yang berbeda dengan tipe-tipe sebelumnya. Dengan tipe ini, gaya komunikasi yang harus ditampilkan adalah:

    Gunakan kata-kata yang menggambarkan emosi (rasa, sedih, kecewa, marah, dll.)
    Gerakan yang seperlunya untuk menggambarkan emosi yang ada seperti mengernyitkan dahi ketika merasa bingung, dll.
    Memberikan sentuhan seperlunya bila memungkinkan.
    Memberikan dukungan secara emosional dengan kata-kata yang menghibur.

Orang tipe gerak ini akan lebih tersentuh bila kita dapat memainkan emosi mereka dengan lebih sempurna. Kata-kata seperti, ”saya bisa memahami kamu” akan menjadi senjata pamungkas untuk membuat mereka terkesan relatif lebih lama kepada kita. Kalimat-kalimat yang bernuansa emosional dan psikologis akan dapat membuat mereka terasa dekat dengan kita. Ditambah lagi, kita berikan sentuhan-sentuhan halus di pundak atau di tangan mereka saat mereka mencapai sebuah prestasi atau di kala mereka sedang dirundung sebuah masalah dimana perlu ada penghiburan yang diberikan kepada mereka. Pasti, mereka akan menjadi teman terbaik kita mulai saat itu untuk selama-lamanya.
http://pasarrak.com/trolley-belanja-supermarket
http://rayarakminimarket.com/meja-kasir/
http://jayarak.com/mejakasir/
Tags :

0 komentar:

Posting Komentar