Komunikasi Berdasarkan Pola Laku - Connector (Penghubung)

Posted on 14.42 by
Oleh Ponijan Liaw

Setelah membahas karakter pertama dan kedua karakter manusia berdasarkan pola laku ini, yakni: doer dan influencer, kita sampai pada pembahasan pola laku terakhir: connector. Perhatikan dengan saksama perbedaan antar tipe pertama, kedua dan ketiga ini sehingga tindakan dan pendekatan dapat disesuaikan dengan pas.

Karakter Penghubung (Connector)
Orang-orang dengan tipe ini memercayakan orang lain untuk menentukan warna dan arahan untuk mereka. Mereka konsisten dan dapat dipercaya ketika diberi tanggung jawab. Mereka suka bekerjasama dibandingkan bekerja sendiri. Di sisi lain, mereka banyak menghabiskan waktu memercayai dan mengijinkan orang baru bergabung dengan kelompok mereka yang telah berhasil. Mereka jarang memberikan opini mereka, meski pun tidak berarti mereka tidak mempunyai opini apa pun. Karena mereka rajin dan tergantung pada orang lain, mereka sering tahu bagaimana mengerjakan sebuah pekerjaan. Mereka suka ditanya apa yang mereka ketahui dan menghargai apresiasi yang diberikan orang lain kepada mereka secara pribadi bukan di depan umum. Mereka suka konsistensi, ikatan sosial dan pengakuan atas usaha-usaha yang telah mereka lakukan termasuk hasil-hasilnya. Walau pun mereka kelihatannya keras kepala, mereka dapat fleksibel dan adaptif jika mereka mengerti mengapa sebuah perubahan harus terjadi dan bagaimana perubahan itu akan memberikan manfaat buat mereka atau orang lain. Mereka lebih memilih menurunkan stres dan meningkatkan harmoni.

Gaya Komunikasi dengan Penghubung (Connector)
Tipe orang ini sudah jelas. Mereka orang yang efektif menjadi orang ketiga untuk menghubungkan beberapa pihak yang tengah dilanda masalah. Mereka bisa dipercaya dan merupakan pekerja keras. Mereka lebih suka mendengarkan pandangan orang lain dibandingkan memberikan opini sendiri. Walau pun kelihatannya mereka agak ’keras’ namun untuk hal-hal tertentu mereka akan dapat menerima perubahan yang terjadi sepanjang hal itu bermanfaat buat dirinya dan orang lain.

Gaya komunikasi dengan orang tipe ini yang harus diperhatikan adalah:

    Bicara dengan jujur dan tegas.
    Tanyakan apa yang telah mereka lakukan.
    Pujilah apa yang telah mereka lakukan secara pribadi dan tulus.
    Apresiasi apa yang mereka katakan dan lakukan melalui senyuman dan bahasa tubuh lainnya yang relevan untuk menunjukkan kekaguman kepada mereka.
    Berikan pandangan dengan mengatakan bahwa sebenarnya mereka lebih tahu.
    Jangan mencla-mencle dalam menyampaikan sesuatu.
    Minta pandangan mereka dan pujilah pandangannya.

Tipe penghubung ini akan sangat efektif mengerjakan apa yang diinstruksikan kepada mereka jika kita tahu menghargai dan menilai positif apa yang telah dikerjakannya. Mereka akan menjadi teman kerja yang sangat baik jika kita dapat berbicara dengan tegas dan lugas serta dapat dipertanggungjawabkan. Ditambah dengan konsistensi yang kita terapkan ketika menyampaikan sesuatu kepada mereka, sudah barang tentu, semua hasil akan sesuai dengan harapan yang ingin diraih.

Drs. Ponijan Liaw, MBA, M.Pd.
Penulis Buku Bestseller ‘The Art of Communication that Works’

http://jualrak.asia/rak-sepatu
http://rakminimarket.biz/rak-sepatu
http://rakminimarket.co/rak-sepatu
http://jualrakgudang.net/rak-sepatu/

Tags :

0 komentar:

Posting Komentar