Komunikasi Berdasarkan Ekspresi - Pendorong (driver)

Posted on 14.36 by
Oleh Ponijan Liaw

Berdasarkan cara mengekspresikan dirinya, manusia ternyata juga memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada yang sangat menikmati cara mengungkapkan sesuatu dengan ceria, ada pula yang lebih suka menjadi pendorong dan di tempat lain ada yang lebih suka menggunakan otak analitisnya untuk menganalisa sesuatu. Paling tidak ada tiga yang dapat dicatat disini: expresser (pengungkap), driver (pendorong) dan analytical (analitis). Pada edisi ini akan kita bahas karakter dan gaya komunikasi orang dengan tipe Pendorong (Driver).

Karakter Orang Pendorong (Driver)

Mereka ini berjiwa pemimpin; menyukai cara sendiri walau pun ada cara lain yang belum tentu kurang baik dibandingkan dengan cara mereka. Mereka tegas dan kaku. Segala keputusan yang diambil akan diterapkan secara nekad. Mereka lebih berorientasi pada hasil bukan pada siapa yang melakukannya. Berbeda dengan tipe sebelumnya expresser dimana lebih mengutamakan orang daripada apa yang dikerjakannya. Orang tipe ini akan terganggu dengan orang yang mencoba memutuskan sesuatu buat mereka. Karena mereka merasa bahwa mereka dapat melakukan itu sendiri. They did it their way; begitu kira-kira prinsip hidup mereka.

Gaya Komunikasi dengan Orang Pendorong (Driver)

Orang-orang dengan tipe pendorong ini memiliki dorongan semangat yang tinggi untuk menggerakkan orang lain sesuai dengan yang mereka inginkan. Untuk itu, jika berkomunikasi dengan mereka dan ingin tetap berada dalam kendali diri sendiri, langkah-langkah berikut dapat dijadikan pedoman:

• Biarkan mereka memimpin pembicaraan.
• Biarkan mereka bertanggung jawab dalam memulai dan mengakhiri percakapan.
• Biarkan mereka menjelaskan kemana arah percakapan akan dibawa.
• Biarkan mereka memutuskan segala sesuatunya.
• Puji mereka dan perlahan-lahan selipkan pesan yang ingin disampaikan kepada mereka.
• Dukung pandangan mereka dengan mengangguk-anggukkan kepala atau menjabat tangan mereka.

Orang pemimpin seperti ini memiliki ego yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan orang pada umumnya. Karena mereka merasa bahwa mereka memang dilahirkan untuk memimpin dan memengaruhi orang lain, maka mereka menjadi sangat percaya diri ketika melakukan itu. Oleh karena itu, jangan sampai kita melebihi atau menyinggung perasaan orang tipe ini. Sekali ketersinggungan terjadi, lenyaplah harapan untuk memperbaiki di masa yang akan datang. So, ikuti mereka dan selipkan pesan pada saat yang tepat. 
http://jualrak.asia/jual-rak-wire-mesh
http://jayarakminimarket.com/rak-obral-box-wagon/
http://jualraktoko.com/jual-rak-toko
Tags :

0 komentar:

Posting Komentar