Langkah-langkah
Alfamart
Beberapa langkah Alfamart untuk medekatkan diri &
memberikan fasilitas lebih kepada pelanggan.
1 . Member
Adalah sebutan untuk para
pelanggan setia Alfamart. Para member Alfamart akan mendapatkan berbagai macam
keuntungan dan kejutan special dari Alfamart seperti: HematKu, Kalender
Belanja, Specialku dan Hadiahku, serta program ekslusif lainnya. Member
Alfamart adalah pelanggan yang memiliki dan bergabung dalam keanggotaan Kartu
AKU, A Card Flazz atau Kartu AKU BNI.
Target pemasaran alfamart adalah semua kalangan masyarakat di Indonesia
yang ingin memberikan kemudahan kepada konsumen dengan ada di dekat
lingkunya.strategi pemasarannya diintegritasinya dengan kegiatan promosi yang
dijalankan secara berkala dengan berbagai metode sesuai dengan jenis produk dan
focus target pasarnya.
·
Kalender belanja “promosi yang
diadakan 2 minggu sekali memberikan harga mudah dan hemat.
·
Keuntungan kartu aku “memberikan
potongan harga dan hadiah khusus yang berpengaruh pada produk tersebut.
·
Belanja
puas,harga pas”memberikan kemudahan berbelanja pada konsumen dengan harga pas
dan menarik tentunnya”.
Untuk strategi jangka panjang
berbagai program yang berkaitan dengan loyalitas konsumen serta pembentukan
komunitas.
Dalam meningkatkan brand image
berhasil dalam meraih penghargaan dengan piala dunia 2009 yang meyisihkan
partikal-partikal besar di Indonesia. Dengan memperoleh penghargaan
brand dan menjadikan gerai alfamart yang tersmi menjual produk-produk yang
terpilih,sehingga terpilihnya alfamart berkaitan erat dengan pengalaman
menjadikan yang terbaik dalam bidang usahanya.
2. Alfamart
Sahabat Indonesia
Program
‘Alfamart Sahabat Indonesia’ (Satu Hati Berbagi untuk Indonesia) menaungi
seluruh inisiatif dan inspirasi kegiatan tanggung jawab sosial
dari
Perseroan untuk memberikan nilai tambah keberadaan Perseroan kepada masyarakat.
Program
‘Alfamart Sahabat Indonesia’ terdiri dari 6 Pilar utama yaitu:
• Alfamart
Care, fokus kepada program kepedulian sosial.
• Alfamart
Smart, fokus kepada program pengembangan pendidikan anak.
• Alfamart
Clean & Green, fokus pada upaya pelestarian lingkungan hidup.
• Alfamart
Sport, fokus pada olah raga dan pengembangan jiwa sportivitas.
• Alfamart
Vaganza, fokus pada pengembangan seni dan hiburan.
• Alfamart
SMEs, fokus pada program pembinaan dan pemberdayaan UKM
3. Alfamart
Online
Dengan motto
Smart and Easy Shopping, Alfamart kini menyediakan AlfaOnline.
Dengan membuka
alamat www.alfaonline.com pelanggan dapat memesan produk-porduk yang
dijual oleh alfamart dengan mudah.
4.
Alfamart ‘GERBEG’ (gerakan
bersih-bersih warung)
Kegiatan ini
adalah bentuk apresiasi Alfamart kepada para anggota dan upaya kami untuk
melindungi pedagang kecil/tradisional dapat berjalan berdampingan dengan ritel
modern.
Kesimpulan
Dalam memilih retail store, pembeli mempertimbangkan banyak hal mulai dari
harga, kemudahan, kualitas produk, bantuan wiraniaga, reputasi, nilai
khusus(pelayanan) dan jasa khusus yang ditawarkan. Dengan demikin untuk
menentukan rencana bagi perusahaan retail, perusahaan wajib memperhatikan
hal-hal tersebut.
Ada beberapa
pemahaman untuk mementukan rencana perusahaan retail, diantaranya ialah
pemahaman tentang saluran pemasaran, perilaku konsumen, pesaing, lingkungan
sosial, ekonomi dan teknologi, dan pemahaman pada lingkungan umum. Salah satu
contoh yang diambil oleh Alfamart ialah membuat member (keanggotaan) damana
setiap member akan mendapatkan keuntungan atas kepersertaannya dalam anggota,
seperti potongan harga,undian dan lain-lain.
Berdasarkan uraian diatas dapatlah kita mengambil
kesimpulan bahwa sudah layaknyalah perusahaan memiliki Strategi Pemasarannya
sendiri sebelum mereka menjalankan ataupun memasarkan produk/jasanya.
Strategi
pemasaran yang dibuat hendaknya haruslah mempertimbangkan situasi dan keadaan
perusahaan baik keadaan intern perusahaan itu sendiri atau lingkungan mikro
perusahaan, maupun keadaan ekstern perusahaan atau yang dikenal dengan
lingkungan makro perusahaan.
Perusahaan
yang berjaya dan mampu mempertahankan serta meningkatkan lagi penjulannya
ditengah-tengah pesaingnya adalah perusahaan yang telah berhasil menetapkan
strategi pemasarannya serta strategi bersaingnya dengan tepat.
Adapun
penentuan strategi bersaing hendaknya dilakukan dengan mempertimbangkan kepada
besar dan posisi masing-masing perusahaan dalam pasar. Karena perusahaan yang
besar mungkin dapat menerapkan stretegi tertentu yang jelas tidak bisa
dilakukan oleh perusahaan kecil. Demikian pula sebaliknya, bukanlah menjadi
sesuatu hal yang jarang terjadi bahwa perusahaan kecil dengan strateginya sendiri
mampu menghasilkan tingkat keuntungan yang sama atau bahkan lebih baik daripada
perusahaan besar.
Dengan
memperhatikan dan mempertimbangkan semua hal diatas, maka dapat dipastikan
perusahaan akan dapat menentukan dengan baik strategi pemasarannya serta
strategi bersaingnya, untuk tetap maju dan berkembang di tengah-tengah
persaingannya.
0 komentar:
Posting Komentar